Apakah Sistem Informasi Akuntansi itu? Dalam tulisan ini akan dibahas satu per satu. Dimulai dari pengertian sistem itu sendiri. Sebuah sistem adalah sekumpulan komponen - komponen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kemudian informasi merupakan data - data yang telah diolah sehingga dapat digunakan oleh penggunanya. Sehingga Sistem Informasi dapat diartikan sebagai serangkaian procedure formal, dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna program.
Definisi dari Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasi, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak extern. Adapun kerangka kerja sistem informasi dibagi menjadi 2 yang utama yaitu Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Akuntansi. Perbedaan Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen adalah Sistem Informasi Akuntansi mengumpulkan, mengklasifikasi, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedangkan Sistem Informasi Manajemen mengumpulkan, mengklasifikasi, memproses, menganalisan dan mengkomunikasikan semua tipe informasi.
Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
- Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
- Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
- Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi non keuangan yang secara langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan. SIA terdiri dari 3 subsistem :
- Sistem pemrosesan transaksi : mendukung proses operasi bisnis harian.
- Sistem buku besar / pelaporan keuangan : menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
- Sistem pelaporan manajemen : yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
0 comments:
Post a Comment